oleh

Masuki Tahun Ke 15, Usai Salat Id Warga RT.004 RW.004 Kebon Pedes Gelar Halal Bi Halal

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Tradisi halal bihalal sudah melekat pada setiap masyarakat, terutama ketika selesai melakukan salat ied berjamaah.

Tradisi tersebut dilakukan dari segala lapisan, mulai dari lapisan pejabat hingga tingkat Rukun Tetangga (RT) sebagai wujud merekatkan tali silaturahim.

Salah satu lapisan yang masih melakukan tradisi tersebut adalah RT 004, di RW 004 Jalan Al Muhajirin, Kebon Pedes Gang Pacilong, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Bertempat di depan mushola Al Isro tradisi tersebut dilakukan, nampak ratusan warga berbondong-bondong hadir dalam tradisi tersebut, para sesepuh, dan Ketua RT.004, Parmin serta Ketua RW.004, M. Nasir.

H. Sunarya, Ketua DKM Al Isro mengatakan, tradisi ini sudah dilakukan 15 tahun yang lalu oleh warga, sebelum RT-RT lain mengikutinya.

“Kegiatan ini sudah lima belas tahun berlangsung, sejak sesepuh RT.004 Almarhum bapak KH. Ahyar Ridwan masih ada, sebelum warga RT lain mengikuti kegiatan serupa seperti ini sekarang,” katanya.

Lanjutnya, Tradisi ini dimaksudkan sebagai bentuk tali silaturahim semua warga, baik yang merayakan maupun yang tidak merayakan idul fitri.

Ketua RW. 004 Kelurahan Kebon Pedes Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, M. Nasir

“Dahulu, sebelum ada acara ini (Halal Bi Halal) masing-masing warga datang kerumah tetangganya untuk saling maaf bermaafan secara sendiri-sendiri, kadang tidak semua warga bisa bertemu, karena masing-masing punya keinginan untuk lebih dahulu meminta maaf ke tetangganya, tidak ada kebersamaan dan tidak ada kesan yang berarti, namun setelah dicetuskan Almarhum pada tahun 2002, barulah kegiatan halal bi halal ini bisa berjalan dengan tertib. Semua warga ikut halal bihalal, mau yang islam maupun yang non islam, semuanya berkumpul disini,” jelasnya.

Ia menambahkan, tradisi ini dimulai usai melaksanakan salat id, dan memiliki tujuan untuk mengumpulkan warga, baik yang pulang merantau maupun yang kesehariannya di sini.

“Acara dimulai sekitar jam 9 dengan durasi 1,5 jam. Tujuannya selain silaturahim antar warga juga sebagai ajang saling memperkokoh rasa kepedulian sesama,” pungkasnya.

Tradisi halal bi halal ini dimulai dengan ucapan pembuka selamat datang, sambutan ketua DKM Al Isro, sambutan Ketua RW 004, dan yang terakhir bersalam-salaman antara warga RT.004 RW.004 Kelurahan Kebon Pedes Kecamatan Tanah Sareal sekaligus santap makan bersama. (Iqbal)

 

 

Galeri Foto Halal Bi Halal di RT.004 RW.004 Kelurahan Kebo n Pedes Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor

 

 

 

Komentar