Media Siber Harus Bisa Memberikan Informasi Baik dan Perubahan Bagi Perilaku Masyarakat

Daerah285 Dilihat

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Setelah pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) SMSI Jateng terbentuk beberapa waktu lalu, kini pengurus wadah media siber itu untuk Periode 2017-2022 resmi dilantik oleh Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama SMSI Pusat Auri Jaya.

Auri Jaya mewakili Ketua Umum SMSI Pusat yang tidak bisa hadir. Pelantikan pengusurus SMSI Jateng berlansung di Gedung Moh Ihsan Balai Kota, Pemkot Semarang, Sabtu. (28/10/2017)

Surat Keputusan Pengangkatan Pengurus SMSI Provinsi Jawa Tengah Periode 2017-2022 itu dibaca oleh Firdaus, Sekretaris Jenderal SMSI Pusat, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan seminar dengan tema ‘Peran Media Siber di Era Digital’.

Menurut Firdaus, SMSI merupakan wadah organisasi bagi para pemilik media siber (daring) di Indonesia dari sebelumnya belum terbentuk.

Media Siber mulai lahir dan bermunculan, mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat untuk memberikan informasi maupun berita kepada kalayak umum.

Selain itu, media siber juga membawa perubahan bagi perilaku masyarakat dalam mencari informasi yang cepat dan mudah.

“Hanya dengan menggunakan search di smartphone, semua informasi cepat tersedia dan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Dengan teknologi yang berkembang pesat, dia menambahkan dan penyajian informasi yang cepat, peran SMSI sebagai wardah organisasi untuk menjadi media daring sangat dibutuhkan untuk menangkal berita-berita hoax.

Hal itu, lanjutnya, harus bisa dilakukan, mengingat media daring merupakan produk jurnalistik yang patuh pada aturan Dewan Pers dan tunduk pada Undang-undang Pers.

Dalam Pelantikan Pengurus SMSI Provinsi Jawa Tengah itu dihadiri Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Kepala Dinas Kominfo Jateng Dadang Soemantri, mewakili Gubernur Jateng, serta jajaran Forkominda Provinsi Jawa Tengah.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi terbentuk SMSI Jateng dan mengharapkan aktivitasnya bisa bekerja sama dengan pemerintahan dan stakeholder, terutama dalam mendorong pembangunan di daerah.

“Dengan perkembangan teknologi, Media Siber dapat ikut berperan dalam mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di daerah, meski saat ini sebagian besar pembacanya masih didominasi kalangan anak muda,” tutur Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi itu.

Namun, lanjutnya, penyajian informasi maupun beritanya yang begitu cepat dan sangat luas dibaca masyarakat, tidak jauh berbeda dengan media sosial lainnya. Begitu ada postingan informasi yang menge-like begitu banyak.

Dia mengingatkan agar media siber bisa menyajikan berita yang sehat, jika faktanya salah yang ditulis ya harus salah, namun jika informasi benar yang ditulis benar. Bukanya benar ditulis salah tidak akan bermanfaatkan bagi masyarakat pembaca.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Jateng Dadang Soemantri yang membacakan sambutan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan peran media siber diharapkan dapat memberikan edukatif bagi masyarakat dan ikut membangun bangsa.

Tidak hanya itu, dia menambahkan media siber juga mampu berperan sebagai pencerahan, pemersatu, pembangkit inspirasi dan motivasi.

Menurutnya, di Era digital saat ini, sebagian besar masyarakat sudah menjadi pengguna internet, sehingga media siber sudah sama dan bahkan lebih daripada media mainstreak dalam couverage ke publik.(Suparman)

banner 521x10

Komentar