oleh

MTQ Ke-39 Kab. Bogor Aktualisasi Spirit Membaca Qur’an Untuk Mewujudkan Qurani Yang Berakhlak Mulia

-Megapolitan-26 views

Ciseeng- Mengusung Tema kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 39 tingkat Kabupaten Bogor Aktualisasi Spirit Membaca Qur’an Untuk Mewujudkan Qurani Yang Berakhlak Mulia, Bupati Bogor menginginkan menjadikan pendidikan islam dan pembiasaan membaca Al-Qur’an sebagai prioritas utama bagi masyarakat dalam membangun generasi bangsa yang berakhlak mulia, memiliki kecerdasan intelektual dan spritual serta terasah Qalbunya dengan nilai-nilai Al-Qur’an.

“Al-Qur’an tidak hanya berisi prinsip keimanan, akan tetapi juga nilai universal, ilmu pengetahuan, hingga hikayat kehidupan yang diturunkan sebagai petunjuk dan tuntunan bagi umat manusia untuk memperoleh kebahagian, baik di dunia maupun di akhirat,”ujarnya saat membuka MTQ ke 39 tingkat Kabupaten Bogor, di Halaman Kantor Kecamatan Ciseeng,pada Selasa (25/10).

Ia juga menambahkan dengan spirit membaca Al-Quran, kita dapat membangun kehidupan yang sepenuhnya berada dalam tuntunan dan bimbingan Allah Subhanahu Wata’ala, harmonis, toleran dan damai dengan senantiasa diiringi sikap welas asih, saling memberi maaf dan saling bekerjsama dalam kebaikan dan ketaqwaan.

“Al-Qur’an harus dibaca dengan tajwid yang baik dan benar serta dipahami secara lengkap dan utuh maknanya dengan tafsir yang benar dan kegiatan MTQ memberi ruang untuk memasyarakatan cara membaca Al-Quraan yang abik dengan tafsir yang benar, sehingga potensial menjadi sarana menyentuh Qalbu masyarakat dengan Al-Qur’an,”tambahnya

Karena berdekatkan dengan hari santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober lalu, Nurhayanti berpesan untuk menjadi santri baik yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara, serta tunjukkan bahwa teu aya santri nu radikal, yang ada adalah santri yang selalu siap membangun bangsa dengan dakwah dan teladan kebaikan, sehingga keberadaannya senantiasa menjadi sumber inspirasi dan motivasi yang menyejukkan masyarakat.

Adapun,Ketua Pelaksana MTQ E. Zarkasyi melaporkan cabang yang diperlombakan sebanyak 7 cabang dan 14 golongan terdiri dari Cabang Tilawah Qur’an terduru dari Golongan Tartil Putra/Putri, Anak-Anak Putra/Putri, Remaja Putra/Putri, Cacat Netra Putra/Putri, Dewasa Putra/Putri, Qiroat sa’bah Putra/Putri.

Cabang Hifdzil Qur’an Golongan 1 Juz, 5 Juz Tilawah Putra/Putri, Golongan 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz Putra/Putri. Sedangkan Cabang Tafsir Qur’an Golongan Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia Putra/Putri. Terakhir Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Syahril Qur’an, Cabang Khattil Qur’an dan Cabang Makalah Ilmiah Al-Qur’an.

Lanjut dia, peserta MTQ tahun ini dikuti sebanyak 2871 orang terdiri dari peserta MTQ 602 orang, Official dan Kafilah MTQ Kecamatan sebanyak 2000 orang dan dewan hakim sebanyak 92 orang, sekretaris majelis sebanyak 10 orang, panitera sebanyak 16 orang, panitia sebanyak 150 orang. (Andi/Diskominfo Kab Bogor)

Komentar