oleh

Nilai Ekspor Jawa Tengah Alami Kenaikan 20,84 Persen Bulan Mei 2017

InilahOnline.com (Semarang, Jateng) – Nilai ekspor Jawa Tengah mengalami perkembangan cukup menarik, sehingga secara keseluruhan mencapai 547,33 juta dolar AS atau mengalami kenaikan sebesar 20,84 persen pada Mei 201, dibanding ekspor April 2017 yang tercapai 452,93 juta dolar AS .Kenaikan ini terbukti dari rata-rata per bulan, meki nilai ekspor tidak mengalami perubahan,akibatnya pengusaha diminta mencari pasar baru.
Data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, nilai ekspor pada Mei mencapai 547,33 juta dolar Amerika Serikat, naik dibanding eskpor bulan April yang tercatat 452,93 juta dolar AS.”Meski ada kenaikan cukup signifikan pada bulan Mei 2017, volume ekspor Jateng relatif tidak banyak mengalami pergerakan,”kata Kepala BPS Jawa Tengah Margo Yuwono di Semarang,Jumat (16/6/2017).
Dijelaskan, naik turunnya ekspor ini bisa dipengaruhi permintaan negara dengan tujuan ekspor dan kondisi ekonomi mereka. Oleh karena itu, nilai ekspor sangat rentan untuk berubah. Selain itu, kualitas produk ekspor dari Jateng juga mempengaruhi kenaikan nilai ekspor.
”Jadi selama Januari-Mei 2017 tiga komoditas memiliki nilai ekspor tertinggi. Ketiganya yaitu tekstil dan barang tekstil, kayu dan barang dari kayu serta bermacam barang hasil pabrik,”katanya.
Dari ketiga komoditas itu, kata dia, memiliki pangsa pasar cukup baik yaitu 40,73 persen, 16,67 persen dan 11,61 persen.Oleh karena itu, pengusaha jangan terpaku pada komoditas itu saja. ”Kami berharap pengusaha harus melihat potensi yang besar bisa dijadikan barang ekspor, sehingga perekonomian di Jateng bisa semakin meningkat,”ujarnya.
Namun demikian, Margo mengharapkan pengusaha supaya bisa mencari pasar lain selain negara yang sudah ada. Hal ini diharapkan bisa menjadi negara penopang ekspor di saat perekonomian negara tujuan utama turun. (Suparman)

Komentar