oleh

Panglima dan Kapolri, Menjaga Kondusifitas Pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019

INILAHONLINE.COM, SEMARANG – Untuk menjaga suhu politik yang akan berlangsung tahun 2018 dalam pilkada serentah dan pemilu 2019 mendatrang, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjamin kondusifitas iklim usaha yang akan berlangsung berjalan aman dan damai. Oleh karena iru, para pengusaha jangan mengkhawatirkan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut..

“Para pelaku usaha jangan khawatir, Panglima dan Kapolri menjamin situasi akan aman dan damai.” kata Kapolri usai pengarahan bersama Panglima TNI dihadapan 2.500 anggota TNI-Polri di Akademi Kepolisian Semarang, Senin (2/4/2018).

Menurut Kapolri pilkada merupakan proses demokrasi biasa yang tidak perlu ditakuti dan ini sudah berlangsung seperti pelaksanaan sebelumnya, sehingga tidak perlu ditakuti. Namun terhadap masalah keamanan aparat akan bekerja dengan baik dan tetap menjaga netralitas yang harus dipegang teguh didalam pelaksanaan demokrasi.

”Hanya salah satu kunci utama kesuksesan pilkada dan pemilu yakni soliditas TNI-Polri yang didukung pula oleh masyarakat,”paparnya.

Meski demikian, kata dia, sosialisasi bersama yang dilaksanakan bersama dengan Panglima TNI ini adalah untuk menjaga sinergi dan soliditas TNI-Polri. Oleh karena itu, Kami sepakat sosialisasi harus dilaksanakan sampai bawah, terutama di daerah yang akan menggelar pilkada,” katanya.

Sementara Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan komitmen TNI-Polri untuk netral dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini. Aparat yang melakukan keamanan terhadap jalannya pesta demokrasi juga dituntut tetap menjaga netralitas dan tidak memihak siapapun dan partai manapun.

”Jadi dalam pelaksanaan pilkada maupun pemilu mendatang masyarakat tidak perlu khawatir. Pelaksanaan pesta demokrasi ini aman dan damai, TNI akan selalu mendukung langkah Polri dalam mewujudkan pilkada yang aman dan damai. Yang jelas satu kata, satu komando. Seluruh jajaran punya pola pikir dan pola tindak yang sama,” tegasnya. (Suparman)

Komentar