oleh

PDIP Jateng, Berikan Rekomendasi Kepada 7 Kabupaten/Kota Dalam Pilkada Serentak

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberikan rekomendasi kepada tujuh kabupaten/kota yang mengikuti pilkada secara langsung bersamaan dengan pilgub Jateng di Gedung Panti Marhein Jalan Brigjen Katamso Semarang, Minggu (7/1/2018).

Ketujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Kudus, Karanganyar, Magelang, Temanggung, Banyumas, Tegal dan Kota Tegal. Dari ketujuh daerah ini juga ditentukan bacagub dan bacawagub secara serantak.

”Hanya penentuan terhadap figur yang mendapat rekomendasi dilakukan penggodokan yang dimulai dari bulan September sampai Desember, sesuai dengan dinamika yang terjadi di lapangan,”ujar Sekretaris PDIP Bambang Kusriyanto.

Menurutnya, dengan diberikannya rekomendasi bacagub dan bacawagub PDIP kepada ketujuh kabupaten/kota, pendaftaran ke KPU diserahkan kepada masing-masing daerah. ”Hanya dalam pendaftaran ke KPU diharapkan koordinasi dengan DPD PDIP Provinsi,”paparnya.

Sementara pendaftaran peserta Pemilihan Gubernur 2018, yang dibuka KPU Jateng mulai hari Senin (8/1) besok termasuk di Jawa Tengah. Rencananya pasangan yang hingga saat ini resmi diusung PDIP, PPP, Nasdem dan Demokrat yakni Ganjar Pranowo dan Taj Yasin atau Gus Yasin akan mendaftar pada hari kedua yaitu Selasa 9 Januari 2017.

”Pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin rencananya akan mendaftar pukul 11.00 WIB hari Selasa mendatang. Saat ini hasil keputusan rekomendasi masih diurus termasuk oleh ketua DPD PDIP Jateng di DPP PDIP Jakarta,”katanya.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah mengumumkan rekomendasi bagi bakal calon pimpinan daerah di 7 kota dan kabupaten di Jawa Tengah untuk Pilkada serentak 2018.

Pengumuman dibacakan oleh Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jateng, Bambang Hariyanto di Kantor DPD PDIP Jateng, yaitu:

1. Kabupaten Kudus ada Masan dan Noor Yasin yang diusung koalisi PDIP, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN.

2. Kabupaten Karanganyar ada Juliyatmono dan Rober Christanto diusung koalisi yaitu PDIP, PKB, Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, Partai Hanura, PPP.

3. Kabupaten Magelang ada Zaenal Arifin dan Edi Cahyono yang diusung koalisi PDIP, PKB, PPP, PAN, dan Partai Demokrat.

4. Kabupaten Temanggung ada Bambang Sukarno dan Matoha yang diusung PDIP dan PKB.

5. Kabupaten Banyumas ada Achmad Husein dan Sadewo Tri Lastiono yang diusung PDIP, Partai Demokrat, dan Nasdem.

6. Kabupaten Tegal ada Haron Bagas Prakosa dan Drajat Adi Prayitno yang diusung PDIP, Partai Demokrat, dan Nasdem.

7. Kota Tegal ada Herujitno dan K.R.T Sugono Adinagoro uang diusung tunggal oleh PDIP.
Bambang Hariyanto mengatakan partai pengusung disetiap daerah memang berbeda sesuai dengan peta politik lokal daerah masing-masing.

“Partainya beda-beda itu dititik beratkan di kondisi lapangan, bagaimana masing-masing daerah bisa memetakan dan mendesain,” kata Bambang.

Salah satu daerah yaitu Kota Tegal, lanjut Bambang, diusung oleh PDIP sendiri tanpa koalisi juga dilihat dari peta politik di sana.

“Saya katakan ini masing-masing daerah punya strategi lokal dan tergantung kontestasi di lapangan,”ujarnya.

Seluruh calon kepala daerah yang mendapat rekomendasi hari ini hadir mengenakan busana putih. Mereka didampingi oleh ketua DPC PDIP masing-masing daerah saat menerima berkas rekomendasi.(Suparman)

banner 521x10

Komentar