Penilaian Ombudsman, Enam Wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Jateng Masuk Zona Kuning

Daerah430 Dilihat

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah,ternyata ada enam Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, masuk dalam kategori zona kuning menurut penilaian Ombudsman. Enam kabupaten/kota itu yakni Kabupaten Temanggung, Kudus, Banyumas, Batang, Kota Surakarta dan Kota Salatiga.

Plt Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Tengah, Sabarudin Hulu, mengatakan, dari keenam kabupaten dan kota yang masuk zona kuning ini, Kabupaten Batang yang memiliki point maksimal.

”Kabupaten Batang itu pointnya mendekati zona hijau tapi masih di zona kuning. Zona hijau itu pointnya 80 ke atas, zona kuning di bawah 80,” kata Sabarudin di Semarang, Rabu (20/12/2017).

Sabarudin menuturkan, penilaian yang diberikan dari beberpa kabupaten ini, dasarnya adalah melakukan investigasi di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari 14 item penilaian enam Kabupaten/Kota ini, kebanyakan masih belum memenuhi standar produk pelayanan.

”Misalnya pengurusan izin, belum ada papan informasi terkait syarat apa saja yang perlu dilengkapi oleh warga. Penyajian informasi itu yang tidak ada,”katanya.

Selain itu, lanjut dia, tempat unit aduan warga juga masih sangat minim. Meski beberapa kabupaten/kota telah membentuk unit aduan dan melengkapi dengan SK, namun loket dan pegawainya tidak ada.

”Ada loket tapi SDM nya tidak ada. Bahkan ada yang tidak ada loketnya sama sekali,”katanya.

Tak hanya itu, menurutnya, akses untuk disabilitas juga dianggap masih sangat minim, sehinga belum dianggap memenuhi dalam aturan yang ditentukan. ”Ada yang sama sekali tidak menyediakan kursi roda atau akses jalan untuk disabilitas,”katanya.

Temuan lain, lanjut dia, maklumat layanan juga ditemukan tidak ada di enam kabupaten/kota tersebut. Seharusnya maklumat layanan tidak hanya sebatas janji atau deklarasi, akan tetapi juga memberikan pelayanan terbaik kepada warga.

”Harus ada juga deklarasi apabila tidak memberikan layanan terbaik akan mendapatkan sanksi. Itu baru namanya maklumat layanan,”katanya.(Suparman)

banner 521x10

Komentar