Perangkat Aksi Diambil Paksa Polisi, PRT Tetap Mogok Makan Dalam Aksi Ekspresikan Suara di Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023

Berita, Nasional246 Dilihat

INILAHONLINE.COM, JAKARTA – Para Pekerja Rumah Tangga (PRT) tetap melakukan aksi demo di depan gedung DPR RI, Jakarta 17 Agustus 2023. Aksi PRT ini dilakukan tanpa perangkat atau property aksi seperti mic, poster, banner, payung, kaos karena semua perangkat aksi telah diambil paksa polisi dalam aksi 16 Agustus 2023 kemarin.

Meski perangkat demonya diambil paksa oleh Polisi, namun para PRT ini tetap melakukan aksi sebagai bagian dari ekspresi atas perjuangan kemerdekaan PRT. Para PRT menggunakan kaos merah bertuliskan sahkan RUU Perlindungan PRT.

Koordinator JALA PRT, Lita Anggraini mengatakan meskipun usaha perampasan dilakukan polisi, namun barisan serbet PRT tidak akan pernah berhenti untuk memperjuangkan RUU PPRT agar disahkan oleh DPR. “Momen ini jadi momentum terbaik untuk tetap berdiri menyuarakan kemerdekaan yang harus diperjuangkan para PRT sebagai pekerja,” katanya.

Perampasan property aksi ini dilakukan para polisi ketika peserta aksi mogok makan akan memasukkan property ini ke mobil aksi pada 16 Agustus 2023, namun polisi langsung mengambil perangkat aksi secara paksa.

Tyas Widuri dari Perempuan Mahardhika mengatakan, walaupun tanpa perangkat aksi, para PRT dan organisasi-organisasi yang tergabung dalam Koalisi Aksi Mogok Makan PRT tidak surut dan menjadikan momentum 17 Agustus ini jadi momen kebulatan tekad mendesakkan RUU untuk disahkan

Salah satu PRT lainnya Sutinah juga mengatakan, bahwa PRT tetap bertekad melakukan aksi untuk kemerdekaan “Sebagai pekerja, para PRT ingin merasakan kemerdekaan sama dengan yang lain. Walaupun ada banyak acara PRT di lingkungan kami, kami tetap turun ke jalan di depan DPR.”

Sebelumnya Para PRT yang menamakan dirinya “Koalisi Aksi Mogok Makan PRT ini, telah melakukan aksi mogok makan sejak 14 Agustus di 6 kota di Indonesia sampai dengan RUU PPRT disahkan. (PH)

banner 521x10

Komentar