PWI Kabupaten Bogor Menggelar Upacara Bendera HUT RI Ke-78 Di Halaman Graha Wartawan

Berita, Megapolitan205 Dilihat

INILAHONLINE.COM, CIBINONG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor melaksanakan Upacara Bendera Merah Putih dalam peringatan HUT RI ke-78 Tahun 2023, di halaman Graha Wartawan Jl. Tegar Beriman, Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (17/8/23).

“Upacara bendera pada hari ini yang kita gelar di peringatan hari kemerdekaan Negara kita Kesatuan Republik Indonesia ke 78 tahun ini, merupakan kegiatan untuk pertama kalinya yang dilaksanakan oleh PWI kabupaten Bogor,” kata Ketua PWI kabupaten Bagio, H. Subagiyo usai upacara bendera kepada inilahonline,com

Menurut wartawan International Media, dalam momentum bersejarah ini, PWI Kabupaten Bogor menggandeng siswa dan siswi SMA Negeri 3 Cibinong (SMANTIC) untuk dijadikan sebagai pembawa dan pengibar bendera sang saka merah putih yang dikibarkan di pelataran gedung organisasi keprofesian kewartawanan tersebut.

“Pada intinya kita harus menegakkan arti dalam sebuah kemerdekaan NKRI yang diperjuangkan oleh para pahlawan pejuang pada saat perjuangan melawan dan mengusir para penjajah. Kemerdekaan negara kita bukan sebagai hadiah dari penajajah, akan tetapi adalah hasil perjuangan bangsa Indonesia,.” tandasnya.

Subagio menambahkan, PWI Kabupaten Bogor sebagai organisasi profesi wartawan juga merupakan pilar demokrasi ke empat (4) NKRI yang ikut berjuang dalam perjuangan kemerdekaan dahulu sebagai pers perjuangan. Sudah seharusnya kita menggelar upacara pengibaran bendera merah sebagai bentuk penghormatan perjuangan para para pahlawan kemerdekaan.

“Peringatan HUT RI ke-78 Tahun 2023 yang dilaksanakan jajarannya sebagai bentuk membangunkan semangat para wartawan yang tergabung di PWI Kabupaten Bogor, agar menjadi pejuang-pejuang pena. Sekaligus untuk terus tegak berdiri dalam menegakkan keadilan sosial bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya

Selian itu Subagio juga mengatakan, Pers adalah alat perjuangan untuk membela kebenaran dan bukan membela pembenaran, sedangkan dari sisi ekonomi, kita juga harus membangkitkan dengan cara-cara kita sebagai pahlawan Pena.

“Perhelatan pengibaran upacara bendera dimasa kepemimpinan saya di PWI kabupaten Bogor merupakan kali pertama dilaksanakan yang dilakukan oleh organisasi keprofesian kewartawanan tertua di Indonesia. Kegiatan acara ini perdana buat kita,” ungkapnya

Untuk itu Subagiyo berharap, tradisi upacara bendera setiap HUT RI akan terus dilaksanakan setipa tahunnya, karena kemerdekaan NKRI adalah sebuah moment bersejarah tak ternilai harganya. “Oleh karenanya, kita harus tetap ikut memeriahkan, dalam hal ini sebagai bentuk penghormatan dan mengingat kita semua akan jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana (Panpel) peringatan HUT RI ke-78 Tahun 2023 tingkat PWI Kabupaten Bogor, Wido Yutrusno mengaku jika perhelatan Upacara penaikan bendera merah putih, sebagai bentuk PWI Kabupaten Bogor yang tak pernah lupa atas jasa-jasa para pahlawan republik Indonesia, demi kemerdekaan NKRI pada tahun 1945 atas penjajahan Jepang terhadap negeri ibu Pertiwi ini.

“Kegiatan ini adalah sebagai rangkaian PWI Kabupaten Bogor dalam memeriahkan HUT RI ke-78 Tahun 2023. Alhamdulillah saya ucapkan juga kepada rekan-rekan anggota dan jajaran pengurus PWI Kabupaten Bogor yang saling bahu membahu demi terselenggaranya kegiatan pada hari ini,” bebernya.

“Upacara pengibaran bendera sang merah putih kami maksudkan, bahasa insan wartawan yang tergabung di PWI Kabupaten Bogor, bahwa kami tak pernah lupa dan selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa yang sudah bertaruh jiwa raganya dalam kemerdekaan NKRI ini dari para penjajah pada masa itu,” imbuhnya. (Ian Lukito)

banner 521x10

Komentar