Jakarta Menjadi Tuan Rumah HPN 2024

Tak Berkategori268 Dilihat

INILAHONLINE.COM, JAKARTA – Jakarta ditunjuk menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2024 meski dalam situasi yang menantang. Pasalnya, ajang tahunan yang bergengsi bagi insan pers nasional nanti bertepatan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kita tetap optimistis akan merayakan puncak peingatan dan perayaan HPN 2024 pada tanggal 9 Februari, seperti tradisi sebelumnya,” kata Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal Sembiring Depari, Rabu (16/8/2023).

Menurutnya, meskipun kegiatan HPN tahun depan sempat menimbulkan kekhawatiran karena bertepatan dengan Pesta Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dijadwalkan pada 14 Februari, dimana pada tanggal 9 Februari kemungkinan akan menjadi masa tenang menjelang hari pencoblosan.

“Kita berharap, semoga tidak ada gejolak politik yang akan berdampak negatif terhadap kelancaran pelaksanaan HPN 2024, bahkan tidak menutup kemungkinan waktu kegiatan bisa saja dimundurkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Atal Depari mengatakan, pihaknya akan melakukan penyesuaian dari format yang telah ada sebelumnya. Selain acara Anugerah Kebudayaan dan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, mungkin akan diselenggarakan beberapa seminar,” ucap Atal saat menerima perwakilan Pengurus Provinsi PWI DKI Jakarta di Sekretariat PWI Pusat, yang berlokasi di lantai 4 Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, jakarta Pusat

“Pimpinan PWI Pusat meminta anggota PWI di tingkat lokal untuk segera memulai berbagai persiapan, termasuk berkoordinasi dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono,” ucap Atal saat menerima perwakilan Pengurus Provinsi PWI DKI Jakarta di Sekretariat PWI Pusat, yang berlokasi di lantai 4 Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Moment tak terlupakan adalah, Jakarta pernah menjadi tuan rumah perayaan HPN 2021, dengan perayaan puncak yang digelar di Candi Bentar, Ancol. Meskipun dalam keterbatasan akibat pandemi Covid-19, perayaan tersebut tetap diadakan dengan sederhana. Bahkan, pemimpin tertinggi PWI Pusat masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana.

Panitia Berharap Presiden Jokowi Hadir di Acara Puncak Perayaan HPN 2024 PWI Pusat sangat berharap bahwa Presiden Jokowi berkenan dan bersedia untuk menghadiri puncak perayaan HPN 2024 nanti, karena momen tersebut dapat menjadi kenangan berharga di tahun terakhir masa jabatannya. “Atas dasar itu, tentu kami berharap agar Presiden hadir dalam momen perpisahan ini,” ungkap Atal S Depari.

Biasanya, setelah laporan dari Ketua Umum PWI Pusat yang juga bertindak sebagai penanggung jawab HPN dan sambutan dari Pejabat Gubernur DKI sebagai tuan rumah, Presiden Jokowi juga akan memberikan pidato penghormatan.

Sementara itu, Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah, sangat antusias dengan keputusan untuk menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah HPN 2024. “Kita harus segera mempersiapkan segala sesuatunya, karena waktunya semakin dekat,” tandasnya. (Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar