oleh

Polda Jateng Bersama TNI akan Kawal Surat Suara ke KPU Pusat

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahnile mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan pemilu di Jateng tahun 2019 ini berjalan damai, lancar, jujur. adil dan demokratis.

”Sejak tahapan awal hingga akhir malam ini, semua berjalan kondusif. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada masyarakat yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu,”katanya kepada wak media di kantor KPU Jateng seusai hadiri perhitungan rekapitulasi terakhir dan deklarasi damai oleh FKUB Jateng bersama Gubernur Jateng dan Forkompida Jateng Minggu malam dini hari.
Menurut Kapolda, hasil koordinasi dengan TNI/Polri dan KPU, hasil rekapitulasi surat suara Jateng akan dibawa ke KPU Pusat pada Senin (13/5/2019) pagi.

”Nantinya surat suara ituakan dikawalpenuh oleh TNI/Polrisampai di titik akhir,”katanya. Kamtibmas menjelang pengumuman di tingkat KPU pusat,” paparnya.

Meski udah usai dari rekapitulasi suara sampai ke KPU pusat, Polda Jateng akan kembali menggelar Operasi Ketupat menghadapi Idul Fitri 1440 H, dan operasi ini akan mulai digelar pada 29 Mei mendatang.

”Dalam rangka memastikan lalu lintas arus mudik dan arus balik perlu disiapkan, selanjutnya koordinasi ketersediaan bahan sembako bahan pokok untuk masyarakat,”ujarnya.

Setelah pelaksanaan rekapitulasi surat suara di tingkat provinsi, pihaknya akan melanjutkan pengamanan pemilu hingga operasi Mantap Brata berakhir. Namun Polda juga memastikan pengamanan di wilayah Jateng, hingga pengumuman hasil Pemilu pada 22 Mesi 2019 mendatang.
”Pengamanan pemilu masih berlanjut terus, terutama dalam menjaga situasi

Kapolda dalam kunjungannya ke KPU dalam rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilu 2019 didampingi Karoops, Dirintel, Dirlantas, Dirkrimsus, Dirpamobvit, Dirsamapta serta Kabidhumas Polda Jateng.

Sebelumnya Kapolda mengecek anggota yang melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut, sekaligus menghadiri rapat Koordiansi peraiapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2019.

Sejumlah 40 personil Ditsamapta Polda Jateng dipimpin oleh Ipda Pol Nurhadi SH dengan dibantu oleh anggota Satbrimobda Jateng, Polrestabes Semarang dan anggota TNI yang disiagakan.

Kendaraan taktis milik Ditsamapta Polda Jateng seperti motor Raimas, Mobil Securiti Barrier dan Kendaraan Water Canon juga disiagakan di Kantor KPU..

Kapolda Jateng menekankan kepada anggota untuk selalu siap siaga dalam melaksanakan tuags. ”Selalu laporkan setiap perkembangan, TNI POlri membaur agar bisa saling koordinasi,”ujar Kapolda Jateng.

(suparman)

Komentar