oleh

Polres Bogor Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2016

-Nasional-87 views

Cibinong – Guna melaksanakan operasi pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Polres Bogor gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2016 yang juga serentak dilakukan seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan, di Lapangan Tegar Beriman, Kamis (22/12). Hadir dalam apel tersebut Dandim 0621 Letkol Dwi Bima, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptanda, dan beberapa pejabat di lingkup Pemkab Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Andi mengatakan, Apel ini merupakan pengecekan akhir kesiapan Polres Bogor dalam melaksanakan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, baik pada aspek personil, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya.

“Ini langkah Polri dalam rangka mengamankan 2 hari besar di penghujung tahun ini, selalu ada potensi kericuhan dimanapun, dan polisi harus mencegah potensi tersebut terjadi”

Selain itu Kapolres Bogor juga menyampaikan pedoman kepada para pasukan polri di kesatuan wilayah untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam rangka menghadapi natal dan tahun baru, yaitu :

  1. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas dan mampu merespon secara tepat ddan cepat setiap bentuk gangguan kamtibmas;
  2. Siapkan serta pelihara kondisi fisik dan mental utnuk senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat;
  3. Persiapkan dengan baik seluruh peralatan sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan operasi;
  4. Laksanakan tugas dengan penuh rasa ketulusan dan keiklasan, dan hindari sikap arogansi;
  5. Penggelaran personil harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat;
  6. Lakukan tindakan proaktif dan antisipatif dengan melibatkan semua fungsi kepolisian serta stakeholders terkait dalam menghadapi aksi terror, sabotase dan kejahatan berkadar tinggi, serta cegah sweeping yang dilakukan pihak yang tidak berwenang;
  7. Laksanakan penegakan hokum secara professional dan proporsional;
  8. Perkuat kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh elemem masyakarat.

Ditambahkan Andi, dinamika kehidupan nasional yang terjadi beberapa bulan terakhir, juga menunjukan adanya potensi gangguan dalam bentuk kejadian intoleransi, baik inter maupun antar agama menjadi lebih kompleks, karena kejadian tersebut berlangsung di tengah suasana peningkatan suhu politik yang terjadi akbiat dari pelaksanaan pilkada serentak 2017, dan Kapolres Bogor juga mengajak agar seluruh elemen masyarakat juga turut membantu polisi dalam menjaga kamtibmas.

“Perayaan natal dan tahun baru merupakan berlibur bagi sebagian kalangan, akan ada mobilisasi masyrakat dari satu tempat ke tempat lain, hal tersebut menjadi tantangan tugas polisi dan seluruh elemen terkait, khususnya dalam menjaga dan mengamankan momentum tersebut serta pelaksanaan ibadah natal dan perayan tahun baru 2017” tambah Andi. (OCKY/DIKO/DISKOMINFO)

Komentar