PPP Jateng Sodorkan Dua Kadernya Daftar Cagub dan Cawagub di PDI Perjuangan

Politik589 Dilihat

Inilahonline.com (Semarang-Jateng) – Akibat tidak bisa memenuhi ambisinya untuk mengu-sung kadernya menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng, karena persyaratan yang tidak terpenuhi maka Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jateng, menyorongkan kadernya untuk mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil ke DPD PDI Perjuangan.

”Ini merupakan bagian dari lobi politik sehingga bisa dilakukan dari berbagai cara. Dan pendaftaran ini menjadi bagian lobi koalisi dengan PDI-P,”kata Masruhan Samsuri ketua DPW PPP Jateng di Semarang,kemarin.

Menurutnya, ada dua alasan mengapa kader Partai Berlambang Ka’bah mendaftar di partai berlambang banteng moncong putih.Pertama,PPP tidak bisa mengusung calon sendiri dalam Pilgub karena hanya memiliki delapan kursi di DPRD Jateng, sehingga masih kurang 12 kursi dari syarat minimal partai pengusung. Kedua, telah melakukan komunikasi dan lobi politik dengan PDI-P.

”Jadi ini juga merupakan bagian dari lobi politik, untuk berkoalisi dengan PDI-P dalam pelaksanaan Pilgub 2018 mendatang,”katanya.

Ditanya bagaimana dengan etika politik, jika keduanya tidak memperoleh rekomendasi maju menjadi calon gubernur dan wakil dari PDI-P, Masruham Samsuri menjawab tidak mempermasalahkannya. Menurutnya, jika nanti ada kader PDI-P yang memperoleh rekomendasi dari PDI-P, maka secara otomatis terjalin koalisi.

”Jika tidak, PPP bisa jadi tetap berkoalisi dengan PDI-P atau berkoalisi dengan parpol lain yang sesuai dengan visi dan misi parpol. Selain itu, PPP juga telah melakukan lobi politik dengan PKB dan Golkar,”katanya.

Meski demikian, pihaknya juga tidak akan mengesampingkan tentang etika politik yang ada, bahkan etika itu penting karena sebuah komitmen. Namun dinamikanya tidak yakin komitmen berjalan lurus. ”Kami berharap PDI-P mau berkoalisi,”paparnya.

Ketua Desk Pilkada DPD PDI-P Jateng Agustina Wilujeng mengatakan, pihaknya telah menjalin komunikasi politik dengan DPW PPP Jateng. Oleh karena itu, komunikasi aktif terus dilakukan sehingga bisa berkoalisi dengan baik.

Sementara kader PPP yang diizinkan untuk mengambil formulir pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur di DPD PDI-P adalah Bupati Jepara Ahmad Marzuki dan Abu Nafi mantan wakil bupati Blora. Selain kedia kader ini ada juga Wakil Ketua majelis Pertimbangan Partai DPP PPP Akhmad Muqowam yangsaat ini menjadi anggota DPD.(Suparman)

banner 521x10

Komentar