oleh

Puluhan Runner Kota Hujan Siap Sambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) 2019 yang jatuh pada tanggal 31 Mei mendatang , puluhan pelari di Kota Bogor melakukan aksi lari bersama untuk Indonesia sehat di acara Lari Bareng Lungs on The Run yang dilangsungkan di Taman Corat Coret Kota Bogor, Sabtu (18/5/2019) sore kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bogor, Rubaeah mengatakan, dipilihnya lari dalam menyambut HTTS ini, karena lari adalah aktifitas yang dapat menyehatkan paru-paru dan pernafasan. Aktivitas fisik seperti berlari sudah menjadi gaya hidup sehat yang bisa meningkatkan mood dan energi untuk mengurangi hasrat merokok. Lari sehat ini, juga merupakan salah satu gerakan kesehatan dalam rangka penerapan Germas.

“Di sini kita bekerja sama dengan No Tobacco Community (NoTC) serta komunitas lari Bogor Runners. Intinya kita ingin mengajak hidup sehat dengan berhenti merokok dan tidak merokok melalui olahraga lari. Dan ini, tidak hanya dilakukan di HTTS saja tapi di peringatan hari-hari lain juga akan digalakkan,” terangnya.

Rubaeah mengungkapkan, prevalensi perokok terus meningkat setiap tahunnya. Angka ini, meningkat terutama pada anak dan remaja. Kondisi itu, mendorong Pemerintah kota melalui Dinas Kesehatan Kota Bogor bersama NoTC dan komunitas lari Bogor Runners ikut serta membatasi penyebaran bahaya rokok melalui aksi Lungs on The Run.

Lungs on The Run merupakan acara lari virtual, yang di inisiasi oleh sejumlah komunitas yang juga didukung oleh Kementerian Kesehatan. Gelaran diikuti tidak kurang dari 600 pelari termasuk pejalan kaki di seluruh Indonesia yang telah terdaftar pada aplikasi 99 virtual Race di Android dan iOS untuk mengumpulkan 30 juta langkah. Acara ini, telah di mulai dari tanggal 1 sampai 31 Mei 2019,” jelasnya.

Sementara, Wali Kota Bogor, Bima Arya yang turut bergabung dalam lari bareng Lungs on The Run berpesan untuk terus menginspirasi dan menyampaikan pesan yang jelas bukan saja kepada anak muda di Bogor tetapi kepada generasi muda Indonesia bahwa Kota Bogor tidak akan pernah mundur dan berhenti mengkampayekan hidup sehat.

“Kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk melalui kampanye Lungs on The Run ini, demi mewujudkan Indonesia yang lebih sehat khususnya bagi warga Bogor agar membiasakan gaya hidup sehat melalui kebiasaan lari untuk tubuh yang lebih sehat. Ayo gerak, ayo terus maju supaya sehat. Kita kampayekan terus hidup bersih tanpa asap rokok,” pintanya.

Sebelum aksi lari sehat bersama, Wali Kota Bogor, Kadinkes dan perwakilan dari NoTC serta Bogor Runners bersama sama membuka grafiti baru bertema stop merokok sekaligus melakukan pengecapan tanda kaki pada gambar paru-paru yang bermakna langkah baru menuju hidup sehat.

(ian Lukito)

Komentar