oleh

PWI Kabupaten Bogor Gelar Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah

INILAHONLINE.COM, CIBINONG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan bhakti sosial donor darah sebagai rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 dan HUT PWI ke-75 tingkat Kabupaten Bogor di Ruang Serbaguna 1, Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor, Cibinong, Selasa (9/3/2021) dengan protokol kesehatan ketat.

Staff Ahli Bupati Bidang Administrasi dan Keuangan, Sony Abdussyukur yang turut hadir mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah yang diselenggarakan PWI bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor “Kegiatan ini merupakan wujud bentuk peduli kemanusiaan dalam menyikapi pentingnya ketersediaan darah di Bank PMI Kabupaten Bogor,” kata Sony mewakili Bupati Bogor.

Menurutnya, donor darah sangat berarti bagi para penerima darah atau recipient. Banyak orang yang terselamatkan hidupnya dengan menerima darah saudara-saudara tanpa mengetahui siapa dan dari mana penolongnya. Inilah hakikat tolong-menolong tanpa pamrih

“Atas nama pemerintah Kabupaten Bogor mengucapkan Selamat HPN, khususnya kepada seluruh wartawan anggota PWI yang bertugas di Kabupaten Bogor. Sekaligus mengucapkan Selamat HUT PWI ke-75. Semoga PWI semakin maju sebagai wadah aktualialisasi insan pers dalam pembangunan bangsa,” ucapnya.

Ketua PWI Kabupaten Bogor H. Subagio mengatakan, kegiatan donor darah merupakan bentuk kepedulian terhadap nilai kemanusiaan yang diharapkan dari kegiatan ini dapat membantu PMI Kabupaten Bogor dalam menyediakan stock darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan donor darah ini sebagai salah satu bakti sosial terkait dengan kegiatan peduli kamanusian. Untuk itu, kami mengucapkan kepada semua pihak yang terlibat dan membantu atas terselenggaranya kegiatan bhakti sosial ini,” imbuhnya.

Hal seenada juga dikatakan Ketua Dewan Penasehat PWI Kabupaten Bogor HRM. Danang Donoroso, kegiatan bhakti sosial donor darah ini tidak hanya dilakukan pada saat kegiatan HPN saja, namun diharapkan juga dapat diselenggarakan setiap saat ketika bank darah PMI membutuhkan donor darah dari masyarakat.

“Dengan ketersedian stok darah yang cukup di PMI, maka hal ini akan  dapat menolomng sesama sebagai rasa peduli kemanusian kepada bagi siapa saja yang membutuhkan darah,” tandasnya.

Sementara itu, dokter Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor Muhamad Fuad menjelaskan, PWI bekerja sama dengan PMI Kabupaten Bogor tidak hanya sekarang saja, melainkan pihaknya beberapa waktu lalu juga pernah menyelenggarakan kegiatan serupa PWI Kabupaten Bogor

“Dengan mendonorkan darah memiliki banyak manfaat di antaranya bisa merangsang sumsum tulang agar tetap dalam keadaan aktif. Karena darah yang didonorkan sekitar 350 cc akan digantikan dengan 350 cc darah baru yang mempunyai fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatan.

Dalam kegiatan bahkti sosial donor darah yang diselenggarakan atas prakarsa PWI Kabupaten yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bogor itu, tidak hanya diikuti oleh anggota PWI Kabupaten saja, melainkan juga peserta dari instansi lain. (Basir)

Komentar