oleh

Resmi, Jokowi-Maruf Nomor 1, Prabowo-Sandi Nomor 2

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Rapat pleno KPU digelar di ruang sidang lantai 2 gedung KPU di kawasan Menteng, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat melakukan pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres pada pemilu 2019, Jumat (21/9/2018) malam.

Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Jokowi-Maruf Amin resmi mendapat nomor urut 1 dalam kepesertaan di Pilpres 2019, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bernomor urut 2.

Nomor urut kepesertaan Pilpres 2019 untuk keduanya didapatkan melalui sistem pengundian yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum.

Proses pengambilan nomor urut diawali dengan pengambilan undian oleh masing-masing calon. Calon yang mendapat nomor terkecil mendapatkan kesempatan pertama mengambil nomor urut.

Sandiaga Uno, yang mendapat giliran pertama, mendapatkan nomor antrean lebih kecil. Selanjutnya Prabowo mendapatkan kesempatan untuk mengambil nomor urut. Saat dibuka, secara bersamaan, Prabowo mendapat kertas bertuliskan angka nomor 2 dan Jokowi mendapat nomor urut 1.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, bagi pasangan calon presiden-wakil presiden, nomor urut tersebut digunakan sebagai citra diri untuk kampanye. Adapun bagi KPU, nomor urut tersebut digunakan sebagai dasar penyiapan logistik pilpres dan sosialisasi kepada masyarakat.

Selepas acara pengambilan nomor urut, pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Maruf Amin, Jokowi mengucapkan syukur karena nomor satu diyakini memudahkan dirinya untuk berkomunikasi dengan rakyat.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan nomor urut satu. Ini memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Karena kita ingin bersatu,” ujar Jokowi.

Sementara calon presiden Prabowo Subianto merasa senang dengan mendapat nomor urut dua karena melambangkan Victory. Prabowo optimis menang pada pertarungan kali ini.

“Kita bersyukur. Nomor 2 lambang kemenangan,” katanya di Gedung KPU, Jumat (21/9/2018) malam.

(Mohammad Iqbal)

Komentar