oleh

Ribuan Penumpang Masih Padati Stasiun Tawang dan Poncol

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Ribuan penumpang masih memadati Stasiun Tawang dan Poncol, baik penumpang yang datang maupun berangkat. Data yang diperoleh total ada 5.473 penumpang yang naik melalui Stasiun Poncol, sedangkan di stasiun Tawang ada sekitar 4.303 penumpang naik dan 2.516 penumpang turun.

”Mayoritas penumpang yang naik atau turun menggunakan kereta jarak jauh, seperti tujuan Bandung, Surabaya atau Jakarta. Hanya sedikit jumlahnya yang menggunakan kereta lokal,”kata Edi Koeswoyo Manager Humas Daop IV di Semarang, Rabu (5/7/2017).

Menurut dia, pengguna kereta api dengan jarak dekat jumlahnya juga meningkat meski tidak sebesar pengguna kereta jarak jauh, sehingga penumpang yang turun di Stasiun Poncol mencapai 2.892 penumpang. Dari jumlah tottal 5.740 pengguna kereta api di Stasiun Tawang yang mayoritas penumpang kereta api jarak jauh dan sedikit yang gunakan kereta api lokal.

”Kendati masih cukup padat penumpang tetapijumlah penumpang kali ini, lebih rendah dibandingkan Senin (3/7) lalu yang mencapai 12.168 orang atau total di semua stasiun yang ada di wilayah Daop IV sebanyak 23.861 penumpang yang naik dan 17.992 penumpang yang turun,”katanya.

Diakui, jumlah penumpang memang mengalami penurunan, karena masa libur lebaran sudah habis. Pada hari ini total ada 19.131 penumpang yang naik wilayah Daop IV dengan tujuan berbagai kota. ”Jadi penumpang alami penurunan cukupt tajam mencapai 13.299 penumpang,”katanya.

Sementara itu Kepala Syahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang Gajah Rooseno mengatakan, sampai saat ini sudah ada 15.000 lebih pemudik yang kembali melalui jalur laut dengan menggunakan Kapal Motor (KM) di Pelabuhan Tanjung Rmas Semarang.

”Jumlah total pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Rmas Semarang mencapai 43.000 penumpang, sehingga masih ada sekitar 18.000 penumpang atau 60 persen yang belum melakukan arus balik,”katanya.

Dijelaskan, meski hari Selasa (4/7) ada sekitar 540 penumpang dari 209 sepeda motor mengikuti program arus balik gratis dengan menggunakan KM Dobonsobo tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.”Hanya mayoritas pemudik yang kembali merantau, karena harus sudah masuk kerja khususnya di wilayah Kalimantan atau Jakarta,”paparnya.

Namun khusus penumpang dengan tujuan Jakarta,kata dia,jumlahnya mencapai sekitar 6.700 pemudik yang balik dengan 3.000 sepeda motor yang memanfaatkan arus mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan.

”Lonjakan penumpang arus balik akan terus terjadi beberapa hari kedepan. Dari jadwalyang ada masih ada 12 kapal yang akan memberangkatkan pemudik yang menggunakan kapal Pelni,”ujarnya.(Suparman)

Komentar