oleh

Semangat Jumat Pagi, Ala Plt Kepala Seksi Operasional Sudinhub Jakbar Bang Affandi

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Semangat Jumat pagi. Mungkin inilah kata yang paling tepat, untuk menggambarkan antusiasme seluruh personil Suku Dinas Perhubungan (Sudishub) Jakarta Barat, kala menghadapi hari Jumat pertama setiap bulannya. Ya, karena inilah hari dimana mereka ngantor menumpang angkutan umum, alias memarkirkan kendaraan mereka, baik roda dua maupun roda empat di rumah

Gerakan ngantor tidak menggunakan kendaraan pribadi setiap Jumat ini, merupakan realisasi Instruksi Gubernur (Ingub) No 160 Tahun 2013, tentang penggunaan kendaraan umum bagi pejabat dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, pada Jumat pekan pertama setiap bulan.

“Ya, sebagai aparat pemda yang bersentuhan langung dengan persoalan angkutan, kita memang harus menjadi contoh bagi masyarakat untuk melaksanakan instruksi ini sebaik-baiknya,” ungkap Plt Kepala Sudishub Jakbar, Leo Amstrong Manalu. Sebelumnya, pada Rabu (4/9) jajaran Sudishub Jakbar juga tidak naik kendaraan pribadi saat ke kantor, sesuai Instruksi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta No 97 Tahun 2019 tentang penggunaan angkutan umum bagi seluruh ASN Dishub setiap Rabu kecuali kendaraan operasional.

“Dalam pekan ini, Rabu dan Jumat kami dua hari ngantor dengan menggunakan angkutan umum,” kata Leo yang menggunakan KA ke kantor dari rumahnya di kawasan Plumpang, Jakarta Utara. “Kita juga berharap, penggunaan angkutan umum ke kantor ini sebagai bentuk sosialisasi ke masyarakat supaya juga menggunakan transportasi umum ke kantor, sekolah, dan tempat aktivitas lainnya,’ imbuhnya.

Semangat Jumat pagi ngantor naik angkutan umum, juga ditunjukkan Plt Kepala Seksi Operasional Sudishub Jakbar, Affandi Nofrisal. Bang Affandi, demikian dia biasa disapa, Jumat pagi tadi berangkat dari rumahnya di kawasan Cipondoh, Tangerang pukul 5 pagi dengan menggunakan kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Poris menuju Stasiun Rawa Buaya.

Sesampainya di Stasiun Rawa Buaya, dengan seragam Dishub kebanggaannya, bang Affandi melanjutkan aksinya dengan berjalan kaki ke kantor Sudishub Jakbar, yang berjarak sekitar 200 meter.

“Karena naik kereta, jadi saya setiap hari berangkat lebih awal yakni jam 5 pagi dari rumah. Karena jam 6, saya sudah harus memimpin apel pagi rutin di kantor,” katanya seraya menambahkan, ia dan seluruh jajaran Sudishub Jakbar mendukung penuh kebijakan Gubernur DKI Jakarta dan Kepala Dishub DKI Jakarta, untuk menggunakan angkutan umum sebagai transportasi ke tempat kerja.

“Sebagai ASN, kita memang sudah sepatutnya bisa menjadi contoh nyata bagi masyarakat untuk beralih dari pemakaian kendaraan bermotor pribadi ke transportasi umum. Semoga langkah ini dapat mengurai kemacetan maupun tingkat polusi udara di Jakarta, di mana 75 persen di antaranya disebabkan dari transportasi pribadi,” tuturnya.

Dan usai memberi pengarahan ke anak buah, Bang Afffandi menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaannya. Selanjutnya pukul 7 pagi, ia langsung menuju kantor Walikota Jakbar di Jalan Raya Kembangan untuk mengikuti tes kesegaran jasmani. Ya, inilah bentuk Semangat Jumat Pagi, ala Bang Affandi.

(Badar)

Komentar