TPID Lakukan Operasi Pasar Secara Serentak di Jateng

16/05/2018 23:32:03 Kategori: ,

INILAHONLINE.COM, SEMARANG - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah dalam beberapa hari ini, kembali menggelar operasi pasar dan Gerakan Stabilisasi Harga Pangan secara serentak di sejumlah daerah, menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga pangan.

''Pelaksanaan operasi pasar dan Gerakan Stabililisasi Harga Pangan ini, untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan,''ujar Heru Sudajtmoko yang melepas 19 truk pengangkut berbagai komoditas oleh Pelaksana tugas di Semarang, Rabu (16/5/2018).

Kegiatan pelepasan truk yang disaksikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng, perwakilan Perum Bulog Divre Jateng, dab beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah anggota TPID Jateng.

Pelaksana tugas Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko mengimbau, masyarakat tidak perlu ada rasa khawatir terhadap kebutuhan pokok menjelang lebaran, karena selain meluncurkan kegiatan operasi pasar dan Gerakan Stabilisasi Harga Pangan,

''TPID Jateng bersama Satgas Pangan Polda Jateng akan terjun langsung ke pasar-pasar dan gudang-gudang distributor, untuk memantau kecukupan pasokan serta mengawal kestabilan harga pangan strategis,''ujarnya.

Ia mengingatkan, agar pedagang melakukan kegiatan jual beli secara wajar dan tidak melakukan praktik-praktik ilegal, seperti penimbunan karena segala bentuk tindak ilegal akan ditindak secara tegas,

''Satgas pangan akan terus mementau pergerakan harga di lapangan, sehingga tidak terjadi kelangkaan kebutuhan masyarakat,''paparnya.

Menurut Heru Sudjatmoko, segala upaya yang dilakukan oleh TPID Jateng ini, akan berhasil mengawal kestabilan harga pangan selama Ramadhan dan Lebaran 2018.

''Diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga yang wajar,serta pada akhirnya inflasi di Jateng tetap terjaga sesuai dengan targetnya,''ujarnya.

Sri Puryono selaku Sekda Jateng yang juga menjabat Ketua Harian TPID Jateng menambahkan, komoditas yang akan dijual terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng, bahkan di beberapa wilayah tertentu juga menjual daging beku serta bawang merah.

''Pemprov Jateng melalui Perum Bulog Divre Jateng telah menyiapkan 69 ribu ton beras berbagai kualitas, 35 ribu ton gula pasir, 454 liter minyak goreng, 54 ton tepung terigu, 4 ton daging, serta 185 ton jagung,''tuturnya.

Berikut lokasi pelaksanaan operasi pasar dan Gerakan Stabilisasi Harga Pangan beberapa daerah di Provinsi Jateng, Pasar Buku, Pasar Johar, Pasar Gayamsari, Pasar Karangayu, Pasar Peterongan (Kota Semarang, Pasar Legi, Pasar Gede (Kota Surakarta), Pasar Sidodadi, Pasar Wage, Pasar Gede, Pasar Manis (Kabupaten Banyumas).

Kemudian, Pasar Kejambon, Pasar Pagi Pemalang, Pasar Langon, Pasar Martoloyo, Pasar Randugunting (Kabupaten Pekalongan), Pasar Bitingan (Kabupaten Pati), serta Pasar Rejowinangin, Pasar Gotongroyong (Kabupaten Temanggung).(Suparman)