oleh

Untuk Melawan PDIP Dalam Pilgub, Tiga Parpol Menginginkan Head To Head

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Untuk menandingi kekuatan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Provinsi Jawa Tengah, terdapat beberapa partai mulai mewacanakan ‘head to head’ didalam melakukan perebutan kekuasaan itu. Partai yang menyampaikan ke publik adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

”Dengan hanya diikuti oleh dua pasangan calon, masyarakat akan mudah menentukan pilihanya sehingga bisa memilih si A dan si B,”kata Wakil Ketua Badang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Jateng Ahsin maruf di Semarang, Senin (14/8/2017).

Menurutnya, jika dalam pilkada Gubernur Jawa Tengah yang dilaksanakan secara serentak tahun 2018, diharapkan bisa diikuti oleh dua pasangan calon, sehingga akan memudahkan masyarakat Jateng untuk menentukan pilihannya.

”PAN Jateng sekarang ini sedang menjajagi figur mantan Menteri ESDM Sudirman Said, untuk bisa dicalonkan sebagai Bakal Calon Gubernur Jateng,”paparnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng Iqbal Wibisono. Menurutnya, pelaksanaan Pilgub Jateng diharapkan dapat ‘head to head’. Bahkan dirinya berupaya menggalang komunikasi ke parpol lain untuk bisa kerjasama.

”Kita terus melakukan komunikasi politik supaya bisa terbangun satu lawan satu. Jadi PDI Perjuangan itu yang bisa mengusung sendiri calonnya sendiri, harus bisa dilawan dengan parpol lain dengan koalisi,”paparnya.

Dijelaskan, jika hanya ada dua pasangan calon dalam pilkada di Jateng dapat berkualitas dengan baik, maka secara kualitatif maupun kuantitatif pertarungan akan semakin baik. Berbeda jika dalam pilgub Jateng diikuti dengan banyak calon, yang menang tidak lain adalah PDIP.

”Jika calon hanya ada dua atau head to head, maka pertarungan akan seimbang, yaitu kekuatan satu sisi dilawan dengan kekuatan dari banyak sisi,”ujarnya.

Terkait mengenai pembagian posisi calon gubernur dan wakil gubernurjika terbangun koalisi besar, Iqbal menyatakan, pihaknya terus melakukan diskusi dan komunikasi di tingkat elite politik di Jakarta.

”Dalam waktu dekat agenda rutin pertemuan pimpinan parpol di Jateng akan segera digelar. Kebetulan kami nanti sebagai tuan rumah, sekarang sedang mencari waktu yang tepat dan baik,”katanya.

Ketua Desk Pilkada Partai Gerindra Jateng Sriyanto Saputra, menyambut baik adanya wacana sejumlah parpol untuk melakukan head to head dalam pilkada Jateng. Oleh karena itu, Golkar diminta untuk segera melakukan komunikasi politik dalam penentuan siapa bakal calon yang diusungnya.

Sementara Ketua Tim Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jateng Agustina Wilujeng mengtakan, partainya tetap terus menjalin komunikasi politik untuk melakukan koalisi dalam pilkada Gubernur Jateng.

”Meski PDIP bisa mengusung pasangan calon sendiri, namun tetap membuka peluang untuk berkoalisi dengan parpol lain,”ujarnya. (Suparman)

Komentar