Walikota Apresiasi Aplikasi Smart PJU dan Smart Cage Hasil Karya Siswa SMK Kosgoro

09/12/2017 1:58:25 Kategori: ,

InilahOnline.com (Kota Bogor) - Apresiasi disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya seusai dirinya mendengarkan paparan mengenai aplikasi Sistem Smart Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Smart Cage yang disampaikan beberapa siswa SMK Kosgoro Kota Bogor saat audiensi di ruang Paseban Punta, Balaikota Bogor, Jumat (8/12/2017) sore.

“Ini yang saya maksud, dari pada anggaran yang ada dipakai kegiatan dinas yang tidak jelas, kegiatan-kegiatan pelatihan yang pesertanya itu-itu saja, puluhan milyar tidak ada hasilnya. Kalau inikan sudah jelas, tinggal dari Dinas KUMKM berapa, dari BJB beri apa, inkubasinya kita yang lakukan sehingga nanti kedepannya mereka mampu memberikan kontribusi bagi Kota Bogor,” kata Bima.

Menurut Bima, saat ini SMK mendapat angin segar dengan banyak munculnya start up, peluang digital dan hal lainnya, tinggal tugasnya untuk memberikan fasilitas bagi para siswa SMK untuk menuangkan dan mengimplementasikan gagasan dan ide mereka tersebut.

Untuk itu, ia meminta kepada bidang Pertamanan, PJU dan Dekorasi Kota pada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor agar memberikan ruang dititik-titik tertentu agar dapat diterapkan.

“Riset ini harus dilihat jangka panjang, kalaupun saat ini teknologinya memiliki kesamaan dengan yang sudah ada, tetapi itu bukan hasil siswa SMK Kota Bogor. Kedua teknologi akan berkembang untuk itu mereka yang memiliki kreatifitas akan berinovasi terus, tugas kita menjadi match making-nya, menjodohkan dengan pihak-pihak lain,” terang Bima.

Sebelumnya, Mochammad Azril Budi Akbar dan Disya Erlina Audya, siswa SMK Kosgoro mempresentasikan aplikasi yang mereka buat dihadapan Wali Kota yang didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Jana Sugiana, Kepala Diskominfostandi Kota Bogor Firdaus dan Kabid Pertamanan, PJU dan Dekorasi Kota Disperumkim Kota Bogor Yadi Cahyadi. Diantaranya Aplikasi Smart PJU dan Smart Cage berbasis Internet on Things (IoT) Machine Talk To Machine (M2M).

Sementara itu, Kepala SMK Kosgoro Asep Mulyana menuturkan, dalam beberapa hari kedua siswa SMK Kosgoro tersebiut tepatnya 11 hingga 13 Desember 2017 akan mengikuti kegiatan Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) Ke-11 di Jakarta.

“Tanggal 11 dan 12 Desember mereka memulai kegiatan Boot camp. Ini adalah keikutsertaan SMK Kosgoro yang kedua, tahun 2016 kita berhasil meraih juara pertama dengan aplikasi Smart Vertical Garden. Sesuai harapan Pak Wali, jangan hanya sekedar juara tetapi bisa diinkubasi di Kota Bogor dan memberikan kontribusi,” harap Asep. (Agha Dwi Rizkianto)