Yess, Kami Pramuka Zaman Now!

12/08/2018 20:45:13 Kategori: ,

INILAHONLINE.COM, KEMANG - Sedikitnya 30 generasi milenial yang berminat menjadi anggota Pramuka Zaman Now di SMK Taruna Terpadu 2 Borcess lolos seleksi ketat dan komprehensif sebagai Penerima Tamu Ambalan (PTA). Sempat berdebar-debar saat jelang pelantikan, Sabtu (11/8) sore, mereka akhirnya lega dan mensyukurinya dengan ngaliwet bareng para seniornya. Yess, kami Pramuka Zaman Now!.”

Salah satu peserta, Fadil Cahyadi kelas 10 Akomodasi Perhotelan 1 SMK Taruna Terpadu 2 kelahiran Bogor, 18 September 2003, putra pasangan Hendi-Yuliyanti mengaku plong. Ia pernah bertatap muka tiga kali sebelum pelantikan. Menurut Fadil, alasan mengikuti PTA itu dilandasi niat tulus dari lubuk hatinya yang paling dalam.

"Saya suka Pramuka dari hati dan niat suci. Soalnya seru, teman-temannya asyik, solid, nggak suka ninggalin sesame. Dari situ, aku bisa mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat, seperti pionering, LKBBT, sandi-sandi, sejarah Pramuka, juga materi menarik lainnya," ujar Fadil saat ditemui di Lapangan Borcess 2, tempat pelantikan PTA.

Di zaman yang serba berteknologi canggih ini, Fadil memilih ikut terjun langsung di Pramuka, meski juga bisa belajar kepramukaan melalui perangkat gadget. "Dengan terjun langsung, aku kan bisa latihan bareng, diajar bertanggungjawab, dilatih kedisiplinan, juga nambah pengalaman," tandasnya.

Fadil juga mengatakan bahwa dirinya bergabung di Pramuka, karena ingin menjadi orang yang terasah kedisiplinannya, lebih bertanggungjawab, sopan santun, berani berbicara di depan banyak orang, dan berpengalaman dalam berorganisasi.

Sabtu (11/8) pukul 16.00 WIB dilaksanakan pelantikan PTA di Lapangan Borcess 2. Pengujinya, Bana Iman Akbar (pelatih Pramuka), Saputra Baharudin Yusuf (Ketua Pradana) beserta anggota Pramuka dari kelas 11 dan 12. Uniknya, selain skills dan knowledge, kekompakan dan kekeluargaan juga dijadikan nilai utamanya.

Alam Teguh, salah satu anggota Pramuka dari kelas 12 Akomodasi Perhotelan 1 kelahiran Jakarta, 18 Mei 1999 yang sudah bergabung hampir tiga tahun di Pramuka SMK Taruna Terpadu 2 Borcess mengakui, dengan berlatih bersungguh-sungguh akan menangguk manfaat, seperti jadi juara 1 Lomba Storytelling dan menjadi perwakilan Pramuka Kecamatan Kemang untuk mengikuti Remuna Cabang Kabupaten Bogor.

“Dilandasi cinta, dan niat tulus serta bersungguh-sungguh, siapapun akan jadi orang yang berprestasi, baik individu, kelompok maupun organisasi di Pramuka, apalagi zaman now yang serba canggih,"” ungkapnya.

Ketua Pramuka SMK Taruna Terpadu 2, Saputra Baharudin Yusuf yang akrab disapa Putra menyatakan bahwa keanggotaan Pramuka sekarang kurang memuaskan jika tak diikuti dengan teknologi canggih yang populer, seperti gadget. Perangkat ini harus mampu menjadi literasi penguat kecintaan peserta didik terhadap program Pramuka.

"Sekarang mau praktik baris berbaris dan tali-temali saja bisa lihat di gadget. Jadi nggak perlu pembina. Karena itu, pesan saya, untuk generasi Pramuka ke depan harus ikuti Pramuka dengan semangat kebersamaan memanfaatkan teknologi canggih," tegasnya.

Pesatnya teknologi sekarang, menurut dia, tak harus menjadikan Pramuka zaman now khawatir. Aktivitas dan program Pramuka generasi milenial bisa dikemas melalui video ataupun power point. Bagi Pramuka SMK Taruna terpadu 2 yang masih menggunakan sistem zaman dahulu melalui buku panduan untuk meningkatkan kebersamaan dan kemandirian, bisa menggunakan kelengkapan berteknologi terkini. (CJ/Melisa F/N Atika Y/Silvia N)