oleh

Kebersihan Ruang Kerja Membuat Pegawai Bersemangat, Nyaman dan Sehat

Kantor Pusat Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor, Jalan Siliwangi No. 121, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor

INILAHONLINE.COM, KOTA BOGOR –  Ada sesuatu yang berbeda dan menarik di lingkungan ruang kantor Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor. Pasalnya, kali ini terlihat pemandangan yang berbeda pada setiap sudut ruangan di Kantor BUMD  milik Pemkot Bogor yang dulu sebelumnya bernama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)

Kantor yang terletak di Jalan Siliwangi Kota Bogor itu, kini terlihat pemandangan berbeda pada setiap sudut ruangan di kantor Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, sejak beberapa waktu lalu dimana seluruh ruangan tampak tertata lebih rapi dan bersih lagi dari biasanya. Hal ini terjadi setelah diselenggarakannya lomba kebersihan antar departemen yang ada di Perumda Tirta Pakuan.

Adapun yang menjadi kriteria penilaian dalam lomba kebersian antar departemen atau bagian di lingkungan Perumda Tirta Pakuan tersebu adalah,  keteraturan, ruangan dan berkas pekerjaan sehingga membuat kenyamanan dan efisiensi kerja. Kerapihan ruangan, dilihat dari penataan meja kerja, kursi, lemari dan barang penunjang kegiatan kerja lainnya.

Kebersihan ruangan sehingga dapat membuat pegawai bersemangat dan sehat dan juga keindahan ruangan, dilihat dari penataan sarana pendukung lain dalam upaya memperindah ruangan sesuai estetika tempat kerja.

Salah satu ruang pelayanan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor yang masuk dalam kriteria penilain dalam lomba kebersihan antar bagian

Dasar kegiatan lomba tersebut adalah dengan dikeluarkannya Budaya Kementerian Keuangan Tahun 2013 point 5 yaitu 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Tujuan diadakannya lomba ini secara periodik yaitu membudayakan kebersihan dan kerapihan di lingkungan kerja masing-masing pegawai sehingga pegawai merasa nyaman bekerja di kantor.

Lingkungan kerja yang bersih dan rapi tidak hanya memberikan kenyamanan kepada para pegawai saja, akan  tetapi juga kepada warga masyarakat pealanggan air bersih untuk mendapatkan pelayanan dari Perumda Tirta Pakuan

Sebagai penambah semangat lomba, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor  Rino Indira Gusniawan menyediakan hadiah berupa uang yang diperebutkan soleh masing-masing departemen atau subbag. “Hadiah ini dimaksud dan diharapkan menjadi pemicu untuk seksi/subbag yang dinyatakan sebagai pemenang untuk menciptakan kebersihan lingkungan kerja para karyawan kami,” jelasnya, Selasa (21/9/2021)

 Tim penilai atau juri lomba kebersihan ini juga menilai terkait penataan berkas-berkas dengan rapi dan ruangan yang nyaman. Dan poin terakhir adalah kekompakan serta upaya tim pada masing-masing subdep untuk kegiatan lomba ini,” kata Rino.

“Untuk itu, bagi yang belum beruntung menjadi juara lomba kebersiahan dilingkungan Perumda Tirta Pakuan ini, agar selalu berusaha keras menata diri dan ruangannya untuk menjadi bersih dan rapi sesuai kriteria penilaian lomba.

Setelah tim penilai yang juga melibatkan direksi melakukan penilaian dengan meninjau masing-masing ruangan seksi/subbag pada masing-masing disetiap ruangan bagian, akhirnya seksi/subbag yang memperoleh skor penilaian tertinggi sebagai Juara I adalah Departemen Humas dan Pelayanan Pelanggan. Kemudian juara II adalah NRW & Transmisi Distribusi serta juara III jatuh pada Departemen Produksi. (Humas Perumda Tirta Pakuan / PH)

Komentar