oleh

KPU Jateng Buka Pendaftaran Bakal Pasangan Cagub dan Cawagub Januari 2018

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng akan membuka pendaftaran bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng di Pilgub Jateng pada 8-10 Januari 2018.

Dengan waktunya yang masih sekitar 4,5 bulan, pihak-pihak terkait memiliki waktu hingga akhir tahun ini guna mempersiapkan pencalonan.

”Sesuai dengan Peraturan KPU No. 1/2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018, setelah adanya pendaftaran bakal calon akan dilanjutkan dengan tahapan berikutnya,”kata Ketua KPU Jateng Joko Purnomo di Semarang, kemarin.

Menurutnya, dalam tahapan itu ada pemeriksaan kesehatan pada 8-15 Januari 2018, kemudian dilanjutkan verifikasi syarat administrasi pasangan calon sampai akhir Januari 2018. Adapun, untuk tahapan penetapan pasangan calon dilakukan pada 12 Februari 2018. Setelah itu dilanjutkan dengan pengundian nomor urut untuk pasangan calon pada 13 Februari 2018.

”Untuk masa kampanye ada waktu sangat panjang, mulai 15 Februari sampai 23 Juni 2018,” jelasnya.

Joko menuturkan, hari tenang dilakukan pada 24-26 Juni 2018. Sedangkan pelaksanaan pemungutan suara pada 27 Juni 2018.

Dijelaskan, dalam tahapan di KPU dalam waktu dekat adalah launching semua tahapan Pilgub Jateng 2018 pada 29 Agustus 2017. Rencananya, kegiatan itu digelar di komplek gedung Lawang Sewu Kota Semarang.

“Kami akan memperkenalkan pada publik tentang maskot, jingle, dan keinginan kami terkait dengan pelaksanaan Pilgub Jateng nanti seperti apa,” paparnya.

Namun demikian pada peluncuran itu, Joko menyatakan, KPU juga melibatkan berbagai pihak di antaranya partai politik untuk membuat deklarasi pelaksanaan Pilgub yang damai.

“Jadi dilakukan peluncuran program itu di tingkat kabupaten dan kota, ditandai dengan kegiatan jalan sehat secara serentak se-Jateng,” jelasnya.

Dikatakan, Pilgub Jateng KPU akan mengajak semua komponen masyarakat untuk dapat terlibat. Salah satunya adalah kegiatan sosialisasi bakal diupayakan dapat terlaksana sampai tingkat paling bawah, yakni di kelurahan dan kecamatan. “Kami inginnya Pilgub Jateng nanti berkualitas,” tandasnya (Suparman)

Komentar