oleh

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UDINUS Ikuti Kuliah Umum di Gedung DPRD Jateng

Inilahonline.com (Semarang-Jateng) – Sebanyak 150 mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komputer, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ikut kuliah umum yang digelar di di Gedung Berlian DPRD Jateng, Rabu (13/12/2017) kemarin.

Pada kuliah umum itu, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi memberikan materi Political Branding Anggota Legislatif: Implementasi Gagasan Parlemen Modern dalam Optimalisasi Peran dan Fungsi DPRD Jateng kepada mahasiswa mata kuliah branding and advertising.

Kuliah umum yang bertajuk “Kuliah umum Ketua DPRD Provinsi Jateng bersama mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro itu, Rukma menuturkan konsep Brand sesungguhnya konsep ilmu pemasaran (marketing) yang belakangan melebar dari bidang bisnis ke bidang politik, sehingga dikenal konsep pemasaran politik (political marketing).

Menurutnya, marketing politic menunjukkan dalam kerangka sistem nilai dan sistem pemerintahan yang demokratis, political branding menjadi tidak terelakkan, baik dalam ranah politisi sebagai pribadi maupun politisi sebagai bagian integral dari institusi politik yang demokratis.

Dengan demikian, dia menjelaskan bahwa DPRD Provinsi sebagai bagian tidak terpisahkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang juga harus mengimplementasikan political branding ini.

”Tentu saja dalam kerangka pelaksanaan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (good governance) yang dipedomani oleh prinsip akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi. Pada prinsipnya kinerja DPRD Jateng mengimplementasikan parlemen modern,”ujarnya.

Menurut politisi dari PDIP ini, secara konseptual sosok parlemen modern ditunjukkan oleh tiga karakteristik utama mencakup Transparansi yaitu kemudahan akses informasi terhadap semua jenis kegiatan DPRD oleh seluruh alat kelengkapan DPRD, Teknologi Informasi (TI) dan penggunaan TI untuk membuka akses bagi masyarakat, untuk memperoleh informasi melalui website dan media sosial.

”Tidak ketinggalan adalah representasi yaitu sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah yang memperjuangkan aspirasi rakyat Jawa Tengah,”paparnya.

Sementara mahasiswa Febrilia ketika ditanya menuturkan, ikut kuliah di luar kampus baru pertama kali yang berlangsung di gedung DPRD bersama dewan. Menurutnya, kuliah ini sangat bermanfaat dan memberikan pengalaman yang riil hingga dapat mengetahui kinerja dewan.

”Kita tidak hanya dapat teori di dalam kelas,tapi harus tahu kondisi ril di luar,”ujarnya yang didampingi dosen pengampu mahasiswa, Dr Tyas Catur Pramudi.(Suparman)

Komentar