oleh

Peningkatan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan Bagi Peserta PBPU

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Semakin meningkatnya animo masyarakat terhadap program JKN-KIS dan pesatnya perkembangan teknologi informasi menuntut diperlukannya inovasi baru bagi sistem layanan oleh BPJS Kesehatan khususnya layanan pendaftaran bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah(PBPU) Peserta Mandiri.

Beberap layanan pendaftaran bagi peserta PBPU selama ini melalui Kantor Cabang Kantor Layanan operasional dan Pendaftaran melalui website belum mampu mengimbangi tingginya minat masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta JKN-KIS,” haltersebut dikatan Kepala BPJS Kesehatan Bogor, Mahat Kusumadi.

Panjangnya antrian pendaftaran, kesibukan masyarakat sehingga belum ada waktu datang mendaftar ke BPJS Kesehatan, “Tidak/belum mengetahui cara mendaftar adalah berbagai alasan sebagian penduduk Indonesia mengapa belum mendaftarkan diri sebagai peserta JKN KIS. Padahal jika dilihat dari sisi manfaat, Dengan adanya program JKN-KIS, membantu masyarakat mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan dan akses layanan kesehatan dengan iuran kepesertaan yang terjangkau,” paparnya. Dalam acara diskusi media Jalan A. Yani No: 59┬áKec-Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat. Jumat (24/3/17).

Dalam upaya meningkatkan layanan dan mempermudah masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta JKN-K15, Dan seiring dengan salah satu rencana strategis cakupan kepesertaan pada tahun 2017 maka mulai tanggal 01 maret 2017 calon peserta Pekerja Bukan Penerima upah(PBPU) dapat mendaftarkan dirinya dan keluarganya melalui beberapa kanal layanan pendaftaran BPJS Kesehatan yaitu Pendaftaran melalui BPJS Kesehatan Care Center 1 500 400 dan Pendaftaran melalui Agent PPOB.

Adapun syarat pendaftaran melalui kanal BPJS Kesehatan Care Center 1 500 400 dan agent PPOB(Point Payment Online Bank) adalah.

1. NIK yang terdaftar di Dukcapil Nasional

2. Memiliki Nomor Rekening di Bank BNI BRI/BTN/ Mandiri

3. Bersedia melakukan pembayaran kedua dan selanjutnya melalui sistem auto debet

4. Memiliki Nomor Handphone yang aktif

Lanjut Mahat menambahkan, Salah satu terobosan pendaftaran melalui agent PPOB dalam upaya meningkatkan layanan dan mempermudah masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta JKN-KIS adalah kerjasama dengan PT Lippo Karawaci Tbk, yaitu penyediaan Point of Sevice berupa Booth pada area publik di Mall Mall Lippo seluruh Indonesia. Di Kota Bogor mulai tanggal 27 Maret 2017 akan tersedia Point of sevice pendaftaran peserta UKN KIS pada Mall Lippo Ekalokasari dan Lippo Kebun Raya. Masyarakat yang sedang berbelanja di mall-mall tersebut dapat mendaftar cukup dengan membawa persyaratan dan selanjutnya setelah pembayaran pertama kartu identitas JKN-KIS akan dikirim sesuai alamat peserta,” bebernya.

Dengan adanya kanal layanan pendaftaran dan Point ofservice Lippo Mall tersebut peserta tidak perlu lagi datang hatan dan selanjutnya kartu identitas KN KIS an dikirim ke alamat neserta sehingga diharapkan dapat mengurai antrian dikantor cabang dan meningkatkan kepuasan peserta yang pada akhirnya dapat mewujudkan JKN-KIS yang berkualitas dan berkesinambungan bagi seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya. (nicko)

banner 521x10

Komentar