oleh

Rapat kerja DPD RI, Bupat Bogor Nurhayanti minta Kabupaten Bogor Barat segera terbentuk

-Pendidikan-127 Dilihat

Jakarta – Bupati Bogor menghadiri rapat kerja komisi 1 DPD RI dalam rangka konsolidasi Nasional, Pembentukan Daerah Otonom Baru (PDOB) yang diikuti oleh 15 Provinsi,  129 Kabupaten dan 27 Kota , seluruh Indonesia, untuk Provinsi Jawa Barat ada tiga Kabupaten yang diundang yakni, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Garut, adapun rapat tersebut bertempat di Gedung Nusantara V MPR/DPR/DPD, Jakarta, Selasa (4/10).

Nurhayanti mengatakan kepada para anggota DPD RI bahwa pembentukan Kabupaten Bogor Barat (KBB) memang sangat di perlukan. Terlebih jumlah dan luas wilayah Kabupaten Bogor lebih besar dari negara Singapura dan aspirasi masyarakat sudah sejak tahun 2000 dan hingga tahun 2016 ini.

“Ini realistis dan merupakan bagian dari solusi dalam pelayanan bagaimana melakukan pemerataan dalam roda pembangunan. Kami minta DOB segera terbentuk, karena seberapa besarpun APBD kami tidak mungkin melayani masyarakat di 40 Kecamatan dan 434 desa,”ujarnya

Ia juga berharap agar pembentukan Kabupaten Bogor Barat mendapatkan respon positif oleh Kementerian Dalam Negeri melalui desakan Pemerintah Daerah bersama DPD RI.

Sementara itu, Ketua Komite I DPD RI, Drs. H. Akhmad Muqowan mengatakan pembentukan dan pemekaran daerah adalah salah satu bentuk penataan daerah sebagaimana diatur pada pasal 31 UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Pemekaran daerah adalah untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan tata kelola Pemerintahan serta untuk peningkatan daya saing Nasional dan daya saing daerah seta memelihara keunikan adat, tradisi dan budaya daerah,”tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor melakukan penandatangan nota kesepakatan bersama antara Komite I DPD RI dan Bupati/Walikota pengusul.(Tjr/Diskominfo Kab Bogor)

banner 521x10

Komentar