oleh

BPJS Kesehatan Dukung Pemerintah Sukseskan GERMAS

-Megapolitan-124 Dilihat

InilahOnline.com – Sebagai penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang hampir tiga tahun beroperasi, BPJS Kesehatan siap mengawal dan menyukseskan gerakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang konsepnya sejalan dengan implementasi program promotif preventif yang senantiasa digalakkan BPJS Kesehatan untuk menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesa.

Germas diresmikan 10 kota di Indonesia secara serentak oleh Presiden RI Joko Widodo, Khusunya dibeberapa titik wilayah Kota/Kabupaten di Indonesi diantaranya, dalam peluncuran Germas di Bantul. Sedangkan sembilan lokasi lainnya di Bogor, Pandeglang, Batam, Jambi, Surabaya, Pare-Pare, Purbalingga, Padang Pariaman, dan Madiun.

Presiden RI. Hadir secara langsung dan ada yang di wakilkan oleh Menteri terkait di beberapa wilayah dalam peluncuran GERNAS secara nasional pada Selasa (15/11/16).

“Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani dalam sambutannya yang dibacakan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, memaparkan, program Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktifitas penduduk, dan menurunkan pembiayaan pelayanan kesehatan.

Sebetulnya peningkatan kesehatan bisa dilakukan dengan langkah kecil. Di antaranya menjaga kebersihan rumah, mencuci tangan sebelum makan, ketersediaan air bersih, makan sayur cukup, olahraga cukup, tidur cukup, dan menjauhkan anak-anak dari rokok,” ujarnya pada Peluncuran GERMAS di Sirkuit Sentul Kab. Bogor, Selasa (15/11/16).

“Permasalahan kesehatan yang tumbuh saat ini akibat dari perilaku hidup yang kurang sehat dan sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang kurang memadai di beberapa tempat. Hal tersebut bisa dicegah apabila fokus pada upaya kesehatan yang diutamakan pada upaya promotif dan preventif dengan tidak mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” imbuhnya.

Kegiatan yang diikuti 1.000 orang ini dihadiri Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; Dirjen Industri Agro; Staf Ahli Menkes; perwakilan PUPR; kementerian/lembaga terkait, Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar; Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti; Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhendi; Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Ilham Permana; para Kepala Dinas, Camat, dan tokoh masyarakat. (nicko)

banner 521x10

Komentar